Kamis, 13 Januari 2011

Apakah strategi sudah benar?

Walaupun tender tol Cimanggis Cibitung telah dimenangkan oleh grup Bakrie tahun 2009 yang kemudian mendirikan PT Cimanggis Cibitung Tollways, sampai saat ini pembangunan belum juga dimulai. Hambatan terbesar adalah mengenai pembebasan tanah dan penentuan tarif tol yang belum disepakati. Pembebasan tanah mengalami kesulitan terutama plan melewati kawasan elit Kota WIsata yang sebenarnya sebelum Kota Wisata dibangun sudah ada master plan pembangunan ruas tol ini. Pemerintah melalui BPJT (Badan Pengatur Jalan Tol) menentukan status ruas tol ini ke dalam Persiapan PPJT, artinya masih 2 langkah lagi sebelum operasional yaitu PPJT dan operasional. Kira-kira butuh waktu 4 tahun dari mulai dibangun sampai beroperasinya ruas tol Cimanggis-Cibitung ini (pengadaan tanah 2 tahun, konstruksi 2 tahun).

Berikut adalah peta rencana ruas tol Cimanggis-Cibitung yang diambil dari http://bpjt.net


Sedangkan peta di bawah ini adalah titik-titik tanah yang ada :


Peta diperbesar :




Rabu, 12 Januari 2011

Menjadi Petani


Saya berasal dari keluarga petani melalui jalur ayah, walaupun demikian ayah saya dan semua anak-anaknya tidak ada yang menjadi petani. Petani menurut saya merupakan profesi yang mulia karena tanpa kehadiran mereka maka kita bisa kelaparan.

Menanam benih sudah saya lakukan semenjak saya masih kecil sekitar usia 7 tahun. Waktu itu saat berkunjung ke tempat nenek di desa banyak terdapat butiran padi hasil panen. Iseng-iseng saya menanamnya dengan dibentuk pola tertentu dan saya cukup senang melihat hasilnya saat berkunjung kembali seminggu kemudian. Saat usia 10 tahun saya juga hobi bereksperimen dengan tanaman misalnya stek, cangkok maupun menanam dari biji langsung. Menanam sesuatu yang baik memang menjadi kesukaan saat itu. Saat sekarang memori itu terngiang mengapa tidak saya wujudkan secara nyata?

Januari 2011, tahun baru yang penuh tantangan ke depan. Bayangan inflasi karena kenaikan harga BBM yang dikemas pemerintah melalui kebijakan pembatasan premium tinggal menunggu waktu saja. Inflasi adalah berkurangnya nilai mata uang kita karena harga barang-barang menjadi lebih mahal. Menyimpan uang pada saat terjadi inflasi sama saja dengan membiarkan nilai uang kita tergerus. Atas pertimbangan itu maka saya batalkan rencana memiliki mobil baru dimana saya ingin mengganti mobil yang lama dengan 'mirip' Toyota Sienna pengganti Innova. Salah satunya adalah karena kabar tentang pergantian model tersebut juga belum jelas. Impian memiliki ruang usaha atau ruko di keramaian kota tempat tinggal ternyata lebih kuat dibandingkan memiliki mobil baru. Say goodbye to money...

Sawah seluas 4300m2 menjadi incaran, disamping harganya murah, menjual kembali juga lebih mudah karena petani pasti butuh tanah. Belum lagi tiap 3-4 bl sekali bisa menghasilkan 4-5 kuintal beras yang bisa kita petik hasilnya. Walaupun sawah ini saya miliki tetap tidak mengubah saya menjadi seorang petani karena tidak menggarapnya sendiri. Akan tetapi ini bisa menjadi mimpi di waktu kecil yang tampak nyata.

Sawah ini saya kode CLDK4300
pros : hasil bumi, perumahan

Menyatukan Beberapa Bidang


Sebelumnya saya telah membeli tanah 862m menghadap jalan. Dilanjutkan dengan 300m di sampingnya. Yang menarik adalah tanah di belakang keduanya cukup luas yaitu 2907m dan tidak mempunyai jalan karena telah saya tutup dengan kedua tanah sebelumnya. Ini berarti posisi tanah 2907 telah saya hadang. Tanah yang terhadang ini mau tidak mau akan dijual murah karena akses terdekat ke jalan harus melewati 2 tanah pertama. Kesempatan inipun tidak saya sia-siakan dengan mengakuisisi tanah 2907 tersebut. Dengan mengakuisisi tanah yang letaknya di belakang dengan harga murah, apabila disatukan maka nilainya akan sebanding dengan tanah yang di depan.

Tanah ini saya kode dengan CKGM2907.
pros : interchange, albacia, Harvest City